Sabtu, 18 Juni 2016

Penjelasan Dan Jenis Gaya Renang

Penjelasan Dan Jenis Gaya Olahraga Renang

Olahraga renang itu olahraga yang dilakukan di air. Saya pribadi suka dengan oahraga ini karna untuk melatih otot otot tubuh kita agar tidak kaku dan yang pasti badan lebih seger. Teman teman mungkin sedang mencari tahu tentang olahraga renang ini, saya coba akan jelaskan sedikit untuk menambah pengetahuan kita

penjelasan dan jenis gaya olahraga renang
Olahraga Renang
Penjelasan Olahraga Renang

Olahraga renang merupakan gerakan tubuh sewaktu bergerak di air, dan biasanya tanpa perlengkapan lainnya. Olahraga ini bisa kita manfaatkan untuk rekreasi dan juga olahraga tentunya. Olahraga renang dilakukan sewaktu bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya di air, mencari ikan, mandi, gerakan gerakan lainnya atau melakukan olahraga air.

Olahraga renang bisa digunakan untuk keperluan rekreasi dan kompetisi yang dilakukan orang di kolam renang. Manusia juga berenang di sungai, di danau, dan di laut sebagai bentuk rekreasi. Olahraga renang ini mampu membuat tubuh kita sehat karena hampir semua otot tubuh dipakai sewaktu berenang.
Olahraga renang merupakan  olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang. Gaya renang yang diperlombakan adalah gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada. Perenang yang memenangkan lomba renang adalah perenang yang menyelesaikan jarak lintasan tercepat. Dan untuk mengetahui jenis gaya renang berikut penjelasannya

Jenis Gaya Olahraga Renang

1. Renang Gaya Dada
Renang Gaya Dada, gaya ini merupakan gaya berenang yang paling banyak dilakukan saat rekreasi. Pada gaya ini posisi tubuh secara stabil serta kepala dapat berada di luar air dengan waktu yang cukup lama. Gaya dada ini biasanya juga disebut deangan gaya katak, Pengertian Gaya Dada adalah cara berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, tetapi gaya ini berbeda dengan gaya bebas, pada gaya ini batang tubuh selalu dalam keadaan tetap.
Sedangkan kedua belah kaki menendang ke arah luar dan kedua belah tangan diluruskan di depan. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air, maksut dari gerakan ini adalah agar badan maju lebih cepat ke depan. Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air, setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki. Gaya ini merupakan Gaya renang yang paling lambat daripada Gaya renang lainnya.

2. Renang Gaya Punggung
Saat melakukan renang gaya punggung, atlet atau perenang berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Sedangkan, untuk posisi wajah berada di atas air oleh karena itu perenang dapat dengan mudah mengambil napas. Tetapi, pada gaya ini perenang hanya dapat melihat atas dan tidak dapat melihat ke depan. Saat dalam perlombaan, perenang memperkirakan dinding tepi kolam renang dengan cara menghitung jumlah gerakan yang dilakukan. Dalam renang gaya punggung, gerakan kaki dan lengan sama dengan gaya bebas, tetapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air.

3. Renang Gaya Kupu-kupu
Renang Gaya kupu-kupu juga disebut dengan gaya lumba-lumba, Renang Gaya Kupu-kupu merupakan salah satu gaya berenang dimana posisi dada menghadap ke permukaan air. Kemudian kedua belah lengan ditekan ke bawah secara bersamaan dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan. Sedangkan untuk kedua belah kaki menendang ke bawah secara bersamaan dan ke atas seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. Untuk mengambil nafas hal yang dilakukan adlaah udara dihembuskan dengan kuat-kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air, dan udara dihirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air.

4. Renang Gaya bebas
Renang Gaya bebas merupakan cara berenang dengan posisi dada menghadap kedalam permukaan air. Sedangkan kedua belah tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh dengan kuat agar memperoleh kecepatan penuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah.
Saat berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air. Untuk mengambil nafas dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Anda dapat mengambil napas saat menoleh ke kanan atau kiri. Gaya Bebas ini merupakan gaya renang yang paling cepat membuat tubuh melaju saat di kolam renang

Penjelasan diatas mudah mudahan dapat menambah pengetahuan teman teman sekalian tentang olahraga renang dan semoga menjadi penyeman

1 komentar:

Write komentar
cillamauren
AUTHOR
5 Desember 2018 02.57 delete

Jangan lewatkan Promo Natal 2018 & Tahun Baru 2019 bersama S1288POKER untuk semua Member segera daftarkan diri anda yuk HOKI KAMU ADA DISINI BURUAN !!!
Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
BBM : 7AC8D76B
WA : 08122221680

Reply
avatar